Friday, August 2, 2013

Siput yang Menyalahi “KODRAT”

















Guys, udah nonton Turbo? Turbo adalah sebuah film animasi garapan DreamWorks Animation dan disutradai oleh David Soren yang mengisahkan Siput nggak tau diri bernama Theo A.K.A. Turbo. Iyah siput nggak tau diri. Theo punya kegemaran nonton balap mobil. Nggak berhenti disana keanehannya,  siput satu ini juga bermimpi punya kecepatan setara dengan mobil F1 dan ikut dalam kejuaraan balap mobil Indy 500. Sarap kan tuh siput?! Udah lambat menjuluki dirinya Turbo pula. Dasar siput nggak tau diri! Saudaranya,Chet, berkali-kali mencoba mengingatkan siput pemimpi satu ini untuk lebih down to earth. Mengingatkan Theo untuk menerima keterbatasan kecepatan yang dimilikinya sehingga hidupnya akan lebih bahagia. Siput memang sudah seyogianya lambat so terima saja kodrat ini.


Kita berhenti dulu sebentar di sini. Kisah Turbo di atas terdengar agak familiar? Terdengar mirip? Ehm, coba mimpi Turbo punya kecepatan setara mobil F1 kita ganti dengan :

“Punya usaha sendiri”, “
Pergi keluar negeri”,
“Keliling dunia”
“Lulus cum laude”,
“Jadi manager dalam waktu 1 tahun”,
“Punya pasangan hidup”.

Coba saran untuk menerima kodrat kita ganti dengan:

“Ah nggak mungkin…”
“Udah lama gila?”
“Mimpi tuh yah bok kira-kira”
“Hidup nggak semudah itu Bung”
“Udahlah nggak usah ngayal!”
“Resikonya gede tau!”
“Kita tuh orang susah…”


Theo pernah mencoba mengejar mimpinya menjadi cepat dan alhasil gagal. Dia gagal menyelamatkan tomat merah besar (kenapa tomat kudu diselamatkan?tonton sendiri yah filmnya-biar kesannya nggak spoiler-spoiler amat) dari lindasan mesin pemotong rumput karena dia terlalu lambat. Dan saat dirinya mengalami kegagalan, kembali nasihat-nasihat supaya eling membumi terdengar.


“Udah gua bilang kan?”
“Gua bilang juga apa?!”
“Mimpi elo ketinggian bro”
“Udahlah yang biasa-biasa aja…yang normal-normal aja”



Tanpa sengaja, Theo memperoleh “kemampuan istimewa” menjadi cepat. Theo tanpa sengaja terjebak di dalam mesin mobil yang sedang balapan liar dan Theo terkontaminasi NOS. Yups, Turbo adalah siput mutan terkontaminasi NOS. Akibatnya, Theo mampu bergerak sangat cepat 320 km/jam! Theo menjadi Turbo beneran dan dimulailah petualangan Turbo di dunia balap.


Turbo tidak sendirian menjalani mimpinya. Dia ditemani oleh Tito, seorang pembuat Taco yang punya mimpi besar membuat usaha patungan Taco dengan abangn a menjadi terkenal. Tidak Cuma sang pembuat Taco, Turbo juga disupport oleh beberapa siput bercangkang racing (beneran cangkangnya racing bos) bernama: Whiplash, Smoove Move, Burn, Skidmark, and White Shadow-  yang sekalipun mereka siput biasa yang lambat namun menganggap mimpi mengikuti Indianapolis 500 bukanlah hal yang terlalu aneh. Mereka inilah yang menemani perjalanan Turbo mencapai imipannya.


Kebayang pembuat Taco dan siput-siput bercangkang racing ini dihidup kita? Orang-orang yang tidak menganggap kita “gila” saat kita menceritakan impian besar kita? Orang-orang yang ikut bersemangat mendorong kita mencapai impian kita? Orang-orang yang berkata “Elo pasti bisa bro!”,Orang-orang yang menepuk bahu kita dan bilang “Gua yakin banget elo pasti bakal sukses dan gua nggak sabar ngeliat elo sukses!” Punya orang-orang seperti ini guys? Kalau punya, elo beruntung bos. Jaga mereka baik-baik. They are the 12th player in the field. Cadangan energy elo pada saat elo berpikir untuk meyerah kalah. Kalau elo nggak punya, kudu dicari bos. Don’t listen to stupid people that will shut your dream out. Elo kudu ngumpul sama orang-orang yang ngasih energy positif ke otak dan hidup elo.

Upaya Turbo masuk Indianapolis 500 sama sekali nggak mudah. Mulai dari tidak ada modal dan sponsor, penolakan dari panitia perlombaan karena sepanjang sejarah tidak pernah ada siput ikutan lomba Formula 1, sampai deraan rasa minder akibat intimidasi dari pembalap yang lebih jago. Tapi itu semua bisa dilewati oleh Turbo.


Sampai 50 meter menjelang finish… Kemampuan ajaib Turbo menghilang, dia kembali menjadi siput biasa. Perlombaan masih berlangsung. Kompetisi masih berjalan. Tapi Turbo kembali menjadi siput kebun yang lambat. Turbo menarik diri ke dalam cangkangnya. Merasa tidak mampu. Merasa usahanya sudah gagal. Merasa sudah selesai.

Meraih mimpi emang nggak gampang sob. Yang gampang itu matematika kelas 1 SD. Bakal ada banyak hambatan dan tantangan yang akan mendorong kita menjauh, memaksa kita buat mundur dan memalingkan wajah dari mimpi besar kita. Akan ada saatnya kita merasa cape. Merasa lelah. Merasa bodoh memiliki impian yang tidak masuk di akal. Akan ada kalanya kita dipaksa untuk merasionalisasikan kegagalan kita dan mengakui mimpi kita terlalu besar untuk dicapai. When that shitty moment happens, do this: Listen to the right voice.

Di tengah keterpurukan Turbo, Chet-yang awalnya menghalangi mimpi Turbo- datang dengan mengendarai gagak (Yups riding a crow) dan mengingatkan Turbo akan mimpinya. Mengingatkan turbo kalau dia bukan siput biasa. Membangkitkan kepercayaan diri Turbo akan keunikan yang dimilikinya. Turbo pun bangkit. Dengan secepat-cepatnya seekor siput berlari, Turbo merayap lambat menuju garis finish dan menyelesaikan perlombaan. Hip hip hurraayyy!!! Turbo menjadi satu-satu nya siput yang pernah memenangkan Indianapolis 500 !!! :D

Guys, Jangan biarkan siapapun membatasi impian besar kita. Tidak ada impian yang terlalu gila. Tidak ada impian yang terlalu besar. Kalau ada impian telalu gila, nggak ada pesawat terbang saat ini. Kalau ada impian terlalu besar, nggak ada orang yang menjejakkan kaki di bulan. Kalau orang menyerah terhadap impian, nggak ada kesetaraan gender dan ras. Impian lah yang menjadikan hidup layak untuk dihidupi dan diperjuangkan.

Jangan pernah membiarkan perkataan intimidatif apapun menjatuhkan semangat kita. Semua perkataan-perkataan negative itu tidak memiliki kekuatan, kecuali kita mengijinkannya. Saat kita meng-iya-kan. Saat kita mengamini intimdasi itulah kita sedang memberikan mereka kekuatan untuk menghancurkan kita. Saat kita membiarkan kata-kata intimidatif mendikte siapa kita, kita sedang menyerahkan masa depan hidup kita ke kehancuran dan penyesalan. Filter our ears and thought.


Kita diciptakan untuk maksud khusus dengan rancangan hidup yang indah. Tuhan bukan pribadi yang iseng nyiptain manusia. Tuhan, di ajaran manapun, tidak bergantung pada moodnya saat mencipta. “Ah mood Gua lagi jelek nih gara-gara jubah kerajaan Sorga lupa diangkat trus keujanan, karena itu manusia yang akan Gua ciptakan berikutnya Gua bikin kakinya miring sebelah ah..” 

Sekalipun menurut ukuran manusia dan pikiran manusia, Tuhan tampaknya iseng atau salah atau ngaco saat menciptakan seseorang, Sekalipun apa yang baik menurut kita mungkin terlihat berbeda dari kacamata Tuhan. Sekalipun rancangan Tuhan bukanlah rancangan kita, He has His own reason and His reason always Good. Percaya kalo setiap kita punya alasan mulia untuk diciptakan. We need to find out what’s our designed purposed. We are created by purpose not by mistake. We are special!


Keep Dreaming Guys! Keep pursuing! And have a Rockin’ day! God Bless! J

No comments:

Post a Comment