Friday, September 28, 2012

Tribute buat Mamak-ku


Nyokap gw nggak lahir di planet Krypton ataupun ikut perguruan debus, tapi dia kebal peluru. Dia kebal peluru penghinaan, cibiran sinis, bahkan kebal rasa kesendirian. Nyokap nggak cuma kebal, bahkan dia terbang melewati semua peluru-peluru beterbangan itu (bayangkan Trinity di film Matrix) dan berhasil dengan suksesnya nge-gedein ketiga anaknya yang ajaib bin aneh ini. Iya beneran sukses, buktinya ketiga anaknya sekarang udah lebih gedean dikit, padahal dulu cuma segede gedebong pisang (???)


Nyokap gw bukan aktris piawai macam Meryl Streep, Julia Roberts, ataupun Christine Hakim (cintailah ploduk ploduk dalam negli), tapi kemampuan actingnya sanhat mumpuni. Nggak perlu diragukan lagi. Sekalipun hatinya lagi sedih. Sekalipun terkadang dia nangis waktu malam. Tapi dia selalu bisa berusaha menutupinya dengan cantik,seakan-akan semuanya terlihat baik-baik saja hanya supaya anak-anaknya nggak khawatir. Kalau ada piala Citra buat pemeran adegan "semua baik-baik saja", mungkin nyokap gw dapet hat-trick. She's a strong woman.


Nyokap gw bukan Batman yang punya banyak gadget canggih, tp dengan gadget seadanya pun dia bisa menghasilkan karya luar biasa yang ngebuat gw terkagum-kagum. Gimana coba caranya dengan modal bubuk putih, air, sekelumit udang, baby oil (alias minyak babi), dan penggorengan; bisa menjelma jadi bakwan udang yang endang markonah a.k.a enak buanggettttt?! It's just beyond my imagination! Farah quinn, I have to admit that you're hot but my mom ala carte is way more fabulous than yours.


Nyokap gw bukan Hulk yang berubah jadi raksasa hijau telanjang dada kalau lagi ngamuk. Tapi gw cukup yakin dia bisa jadi lebih parah dari Hulk kalo ada situasi yang membahayakan anak-anaknya. Yah anggep aja dia bisa menjelma menjadi perpaduan Punisher, Hell boy, plus Yoko di Return of Condor Heroes lah; sadis kan?!


Nyokap gw bukan Invisible-man yang bisa ngilang trus muncul secara ajaib (eh ini invisible man ato pintu kemana saja yah?!), tapi anytime I'm far dan perlu dukungan dia, I can feel her around (untuk nggak pake suara kikikan hi...hi..hiiiii...). Gw tau kaya lagu Nikita, nama gw selalu ada. Hadir. Eksis. Nggak pernah absent dari daftar doanya.


Nyokap gw bukan Doctor Oz, dia lebih dahsyat. Dia udah kaya apotek. Butuh obat pilek, batuk, pusing, demam, diare biadab, panu, kudas, kurap, cantengan? Semuanya ada. Kalau perlu tabung oksigen juga bisa diusahain sama dia. Yah paling disubsitusi pake tabung gas elpiji dulu lah, toh sama-sama tabung, cuma gas nya doank yang beda... Dikit.


Nyokap gw itu mirip paranormal. Menurut gw sih mama loreng doank mah lewat. Dia bisa baca pikiran. Dia tau aja kalo anaknya lagi ada masalah. Padahal nggak terlalu keliatan loh, palingan cuma banting piring, jebolin pintu, ambil tali trus...skipping (kan men sana incorporesano), ato ambil samurai trus langsung ambil kuda-kuda harakiri (ini mah keliatan banget yah?). Nyokap gw nggak perlu detektor kebohongan untuk tau apakah gw ngomong jujur ato nggak. Apakah gw bo*er di celana ato nggak (ini mah kecium yah?!).


Buat gw, Nyokap lebih dari sekedar Inang-inang setengah baya


Nyokap gw lebih gokil dari tante-tante bersasak 1 meter dengan gaun loreng macan.


Nyokap gw lebih hebat dari super hero manapun, mulai dari superman sampe supirman. Mulai dari spiderman sampe sapi-keder-man.


Nyokap gw nggak bakal gw Refund sekalipun ada counter tuker tambah emak-emak di mall.


Nyokap gw nggak sempurna, tapi dia sempurna buat gw dalam ketidaksempurnaannya. She's perfect in her imperfection.


I luph yu pull lah pokoke Mom, yu ar mai super hiro!!! :D

No comments:

Post a Comment